Jumat, 23 November 2018

Tips membuat resensi

Salam Literasi !

hai sobat dunia literasi. kali ini saya akan membahas mengenai cara mudah untuk membuat resensi.

Resensi merupakan kegiatan mengulas kembali isi buku, beserta dengan kelebihan dan kekurangannya. Dalam meresensi kita harus jujur mengungkapkan fakta sesuai dengan keadaan buku yang sebenarnya. Tidak boleh melebih-lebihkan atau malah menjatuhkan buku tersebut.

Tujuan meresensi tiap orang tentu saja berbeda-beda. Ada yang sekedar menulis resensi untuk tugas sekolah, atau juga ada yang menjadikan resensi sebagai penghasilan tambahan.

Namun untuk menjadikan resensi kita memiliki nilai, gampang-gampang susah. kita harus menghasilkan resensi yang komperehensif namun tajam. Bukan hanya sekedar membahas isi buku namun harus menukik dan menggetarkan. Artinya resensi kalian harus mudah dimengerti dan bersifat persuasif.

Banyak dari kalian yang bingung bagaimana cara untuk meresensi agar mudah.
Ada beberapa tips dari saya :

1. Baca buku secara keseluruhan

Apabila kita ingin mengulas sebuah buku, kita harus mengetahui isinya secara keseluruhan. Jangan sampai, hanya membaca 5 bab dari 10 bab buku. Dalam artian hanya baca setengahnya saja. Karena jika demikian, Informasi yang kita serap tidak akurat sehingga penyampaiannya tidak lugas dan terkesan memaksakan.

2. Tandai bagian-bagian penting

Menandai bagian-bagian terpenting dari buku, akan membantu kita dalam meresensi. Ini menghindari kita dari kebingungan dan kehabisan ide menulis di tengah jalan. Tentu saja kalian tidak mau kan, harus membaca ulang buku tebal itu sekali lagi karena lupa dengan hal-hal pentingnya? Maka jangan lupa siapkan stabilo atau pembatas untuk menghindari lupa isinya.

3. Hindari kata "kita", dan "saya"

Meresensi ditujukan untuk banyak orang. Maka perhatikan hal-hal sederhana seperti ini. Contoh "buku ini mengajak kita untuk peduli terhadap lingkungan" bagaimana dengan "buku ini mengajak setiap orang yang membaca untuk peduli terhadap lingkungan" tentu saja opsi kedua lebih enak dibaca. 

4. Ungkapkan secara jujur

Mengungkapkan isi buku secara jujur adalah sebuah hakikat bagi resentator. Ungkapkan apa adanya kelebihan dan kelemahan buku yang kamu baca tanpa menambahi atau mengurangi pesan atau isi dari buku yang kamu baca.

5. Bahas di permukaannya saja

Resensi bukan menceritakan seluruh isi buku yang kalian baca. Namun berisi pesan atau ajakan agar orang yang membaca resensi kalian penasaran dan ingin memiliki bukunya. Jadi, bahas yang ada di permukaannya saja, jangan seluruh hal yang ada di buku itu kalian bahas. Itu sangat tidak efektif.

6. Jangan paksakan jika stuck

Otak manusia perlu beristirahat agar lebih produktif. Maka jangan paksakan apabila kalian kehabisan kata-kata dalam meresensi. Beristirahatlah sejenak untuk memulihkan kemampuan kalian dalam menuangkan kata-kata.

Itu adalah beberapa tips dari saya mengenai cara meresensi buku agar lebih mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para resentator maupun calon-calon resentator. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar