Selasa, 20 November 2018

Tips mengirim resensi ke Koran Jakarta 2018


Salam Literasi !

Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman sebagai resentator. Tepat pada tanggal 11 november 2018 kemarin, saya mengirim resensi kedua saya ke Koran Jakarta berjudul "gagasan, pencerahan, kiat inspiratif BJ Habibie" dari buku yang berjudul "the power of ideas" karya "A. Makmur Makka", setelah resensi pertama saya ditolak. Sekedar info, buku itu saya dapatkan gratis dari Republika Penerbit karena bulan lalu saya berhasil memenangkan lomba resensi :D (*gaada yang nanya)

Nah saya sempat putus asa. Tiap hari saya mengecek website korjak berulang-ulang, namun resensi saya belum juga dimuat. jadilah saya galau karena merasa tidak ada harapan. Saat itu saya berpikir naskah saya tidak diterima (masang muka pesimis). Namun keajaiban suka datang tiba-tiba, dan itu bertepatan setelah saya membaca mantra harry potter (maaf ga nyambung :")), 

Waktu harapan semakin mengecil, pada hari sabtu, 17 november 2018, sekitar pukul 7 malam, saya mengecek website  koran jakarta dan boom, Resensi saya dimuat pukul 6 pagi. agak kaget awalnya, saya jingkrak-jingkrak alay karena merasa bahagia sudah berhasil menembus salah satu koran yang cukup konsisten menerbitkan resensi-resensi dari penulis lepas tiap harinya kecuali hari minggu.

Dari pengalaman saya, saya ingin berbagi tips kepada para penulis lepas yang ingin agar resensinya dimuat di koran jakarta. menurut saya koran jakarta adalah media yang terbuka terhadap penulis-penulis baru.
  Yang harus kalian lakukan antara lain :
  1. Berdoa dulu
  2. Siapkan buku non fiksi bisa biografi atau buku pengetahuan. buku fiksi pun bisa, akan tetapi koran jakarta lebih berorientasi pada buku-buku non fiksi.
  3. usahakan buku yang kamu resensi terbitan di tahun itu. sekarang kan tahun 2018 mau ke 2019 nah kalian pilih buku terbitan 2018 atau juga bisa kok yang tahun 2017, asalkan novel yang mau kalian resensi masih beredar di pasaran dan masih eksis tentunya.
  4. Baca dulu seluruh isi buku secara komperehensif (secara keseluruhan).
  5. Beri tanda, bisa menggunakan stabilo di bagian-bagian yang menurut kalian penting. karena itu akan berpengaruh pada saat tahap meresensi.
  6. Mau tidak mau kalian harus menyesuaikan bahasa tulisan kalian dengan koran jakarta. untuk tahu lebih jelasnya, bisa kalian cek di website koran jakarta bagian perada.
  7. Setelah itu buatlah resensi dan kupas keseluruhan isi buku. Tapi, jangan terlalu bertele tele, cukup di permukaannya saja. Bila perlu kalian beri kutipan halaman. tapi saya tidak cantumkan.
  8. untuk ketentuan naskah, saya menggunakan kertas A4, times new roman 12pt, dan panjang karakter dengan spasi 4000 character, atau juga bisa kurang.
  9. Lengkapi naskahmu itu dengan judul buku, penulis, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, kalo ada harga cantumkan harganya. Jangan lupa berikan cover buku kalian di bagian kiri atas di bawah judul resensi kalian.
  10. Ingat satu hal, tujuan kalian meresensi adalah untuk mempromosikan buku tersebut agar diminati banyak orang, bukan menceritakan keseluruhan isi dalam novel yang kalian baca.
  11. Setelah selesai membuat resensi, periksa typo dan segala kesalahan ejaan atau tanda baca.
  12. Setelah itu di bawah naskahmu lengkapi dengan biodata kalian. nama lengkap, no telepon, pekerjaan, foto atau scan ktp, jika masih pelajar dan belum memiliki ktp bisa menggunakan kartu pelajar atau ktm. Jangan lupa cantumkan foto terkeren kalian dan memberikan no rekening kalian.
  13. Setelah kalian yakin dengan resensinya. kirimkan naskahmu ke opinikoranjakarta@gmail.com di bagian subjek kalian tulis : (Perada - judul buku) dan di bagian badan teks kalian buat sedikit pengantar.
  14. kemudian kirimkan naskahmu dan cek tiap hari website koran jakarta, karena tidak ada pemberitahuan ketika naskahmu di publikasikan. 
  15. Jika selama 2-4 minggu naskahmu tidak diterima, berikan ke media cetak atau koran lain.
  16. Selamat mencoba kawan.

kira-kira seperti itu cara untuk menembus koran jakarta. 
Buat yang mau tau resensi saya di korjak, saya berikan link nya :


Ada reward untuk peresensi buku untuk tiap resensi kalian yang dipublikasikan. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat postingan ini
https://kelvinwijayaobrien12.blogspot.com/2018/11/salam-literasi-kembali-lagi-bersama.html?m=1


sekian dulu, sampai bertemu di postingan-postingan lainnya !

1 komentar: