Kamis, 22 November 2018

Kilas Balik Lomba Resensi

Salam Literasi !

Bertemu lagi dengan saya, sobat dunia literasi. Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman tentang lomba meresensi yang pernah saya ikuti.

apa sih meresensi itu dan apa tujuannya?
Meresensi adalah kegiatan mengulas kembali isi buku, yang tujuannya adalah :
  1. Memberikan gambaran kepada semua orang tentang buku tersebut
  2. Mempromosikan buku tersebut
  3. Sumber penghasilan
Waktu dulu, setelah membaca novel yang saya beli saya simpan begitu saja. Karena waktu itu saya belum mengetahui apa yang bisa dilakukan lagi dengan sebuah buku? Ya jelas hanya membacanya !

Namun mindset tersebut berubah ketika saya iseng-iseng searching di google mengenai lomba-lomba dalam dunia tulis menulis. kemudian saya tertarik dengan lomba meresensi novel karya Aguk Irawan yang diadakan oleh Republika Penerbit. Apalagi hadiah yang ditawarkan juga lumayan besar.

Akhirnya, saya cari buku Aguk Irawan di toko buku namun tidak ada karena memang toko buku di kota saya tidak sebesar dan lengkap seperti di kota-kota besar lainnya. Apalagi jika mencari buku terbitan yang benar-benar baru.

Akhirnya saya memesan lewat salah satu aplikasi online, buku berjudul senandung bisu. dan selang 4 hari barangnya datang.

Saya baca secara keseluruhan dan mulai membuat resensi. Awal membuat resensi memang agak sulit. Bukan apa-apa, sulit dalam memilih apa saja yang perlu di masukkan dalam resensi kita. Jadi saya akan buat postingan mengenai cara meresensi agar mudah. di postingan berikutnya ya guys.

Nah setelah selesai saya posting di instagram dan link nya saya kirim ke email redaksi republika. awalnya saya berpikir tidak menang karena banyak sekali yang ikut dan tentunya banyak yang lebih baik resensinya dari saya.

Tapi, Puji Tuhan, seminggu setelah saya mengirimkan resensi saya dan tiba waktu pengumuman. Saya terkejut melihat pengumuman melalui post instagram Republika Penerbit. Nama saya tercantum sebagai juara kedua.

Sebuah pencapaian yang membuat saya kaget setengah mati, senangnya bukan main. Harapan saya semakin melesat jauh sekali menembus cakrawala XD ga sia sia saya repot-repot beli di toko online, karena saya tipe orang yang tidak suka beli-beli di online shop.

Setelah 2 minggu hadiah pun datang, ada paket buku dan sertifikat. Juga ada hadiah uang tunai yang lumayan buat anak sekolah seperti saya. Rejeki nomplok.


Nah sekian postingan kali ini, sampai berjumpa di postingan-postingan lainnya guys !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar